Home » » Syarat Utama Menjadi Jurnalis

Syarat Utama Menjadi Jurnalis


Mengingat beratnya tanggung jawab seorang jurnalis serta karakteristik pekerjaan yang menuntut seseorang yang tangguh, maka untuk menjadi jurnalis diperlukan persyaratan-persyaratan kemampuan pengetahuan dan sikap sebagai berikut, antara lain :

Cerdas.
Orang cerdas akan cenderung bersikap kritis terhadap informasi yang diperoleh dari sumber informasi. Semua informasi akan dianalisis terlebih dulu sehingga informasi yang diperoleh memiliki akurasi yang tinggi. Dengan cara ini tidak akan didekte oleh sumber informasinya.

Waspada.
Seorang yang memiliki kewaspadaan akan cenderung bersikap hati-hati, meskipun demikian tidak harus kelihatan seperti orang bodoh.

Rasa ingin tahu yang besar.
Sikap ini diperlukan untuk menggali dan memilih mana informasi yang memiliki nilai berita dan mana yang kurang. Hal ini dimaksudkan karena jurnalis harus menyampaikan/meneruskan informasi kepada khalayak, sehingga harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nilai informasi yang ada disekitarnya.

Perhatian terhadap masyarakat.
Karena jurnalis bekerja untuk kepentingan masyarakat, maka ia harus memperhatikan segala sesuatu yang terjadi didalam masyarakat. Ia harus membela kepentingan masyarakat terutama masyarakat yang tertindas, lemah, miskin melalui informasi yang ditulisnya dan disiarkannya kepada khalayak melalui media masa sebagai kritik sosial.

Akal yang panjang.
Seorang yang berakal panjang tidak mudah putus asa dan mudah menyerah. Ia akan berusaha dengan akal yang dimilikinya untuk memecahkan kesulitan yang dihadapinya.

Peka terhadap ketidakadilan.
Bila terjadi ketidak adilan di masyarakat, maka ia harus segera mengangkat informasi tersebut menjadi berita, sehingga segera mendapat perhatian dan solusi.

Berani.
Seorang jurnalis harus berani berbeda pendapat dengan penguasa apabila kebijakannya dipandang tidak benar dan berdampak pada ketidak adilan dan kesengsaraan rakyat. Dalam berbeda pendapat tentunya disertai argumentasi yang kuat.

Penguasaan bahasa yang baik dan benar
Baik bahasa tulis maupun lisan, agar dalam menyampaikan informasi tidak terjadi kesalahfahaman. Sebaiknya juga menguasai beberapa bahasa asing.

Berpegang pada norma, etika dan kesusilaan.

Bersikap jujur, terbuka, menghormati dan melindungi sumber informasi, agar mendapat kepercayaan dari masyarakat.


Tentunya masih banyak persyaratan lain yang harus diketahui oleh seorang jurnalis, jangan terlalu beranggapan syarat-syarat diatas merupakan persyaratan mutlak.
Semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 3:30:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top