Home » » Jenis Informasi dalam jurnalistik

Jenis Informasi dalam jurnalistik


Setelah mengetahui pengertian jurnalistik yang telah diuraikan secara singkat, Selanjutnya kita akan berkenalan dengan jenis-jenis informasi dan istilah pemberitaan dalam jurnalistik.
Menurut pakar jurnalistik yang bukunya pernah saya baca, Berdasarkan penyajian informasi atau berita itu dibagi menjadi dua kategori berita. Yaitu berita langsung (straight news) dan berita tidak langsung (feature news).
Apa itu straight news dan apa feature news..??

Stright news (Berita langsung) adalah berita dengan laporan kejadian terbaru yang mengandung unsur penting dan menarik tanpa mengandung pendapat dari penulis berita. Stright news pelaporannya singkat, lugas, ringkas namun tetap tidak mengabaikan unsur kelengkapan data dan obyektivitas datanya serta disajikan kepada khalayak secepat mungkin dan langsung menyajikan pokok-pokok berita. Stright news bersifat informatif, sehingga dalam waktu singkat dan terbatas pemirsa segera mengetahui peristiwa/kejadian secara lengkap dan singkat apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Jenis-jenis produk stright news antara lain :
  1. Matter of fact news, yaitu berita yang hanya mengemukakan fakta utama yang terlibat dalam peristiwa.
  2. Action news, Berita yang mengisahkan jalannya peristiwa yaitu perbuatan atau tindakan yang terlibat dalam peristiwa.
Straigt news dibedakan menjadi dua bentuk yaitu hard news dan soft news, pengertian Hard news atau dalam jurnalistik dikenal dengan Spot news adalah berita yang penting dan signifikan bagi sebagian besar khalayak seperti berita tentang kegiatan pemerintahan, politik, pendidikan, agama, pengumuman pemerintah dan berita yang berpengaruh pada orang banyak lainnya yang menuntut berita tersebut secepat mungkin disajikan. Sedangkan Soft news adalah berita-berita yang menyangkut kemanusiaan dan menarik banyak orang; seperti kisah jenaka (komedi), lust (nafsu birahi manusia), Keanehan (oddity) dan lain-lain. Contohnya berita tentang artis terkenal yang diadili karena masalah narkoba atau presiden berkunjung ke kota kelahirannya untuk bernostalgia dan sebagainya.

Feature news adalah informasi atau berita yang tidak langsung tetapi telah dikembangkan dengan kata-kata diplomatis sehingga fakta yang kelihatannya sederhana atau sepele menjadi laporan yang menarik untuk dinikmati. Berdasarkan gaya penulisannya, feature news dapat dibedakan menjadi Interpretative news dan Reportase. Interpretative news dalam penyajiannya mengemukakan maksud pemberitaan secara tersirat untuk memberikan kesempatan bagi khalayak dalam menafsirkan sendiri pesan yang terkandung dalam berita, Sedangkan reportase gaya penyajiannya dibuat seolah-olah khalayak melihat dengan mata kepala sendiri peristiwa yang diberitakan.

Di samping jenis-jenis informasi yang telah disebutkan, dalam jurnalistik berkembang beberapa jenis istilah pemberitaan sebagai berikut.
  • Tally news atau berita yang memuat pidato, hasil pembicaraan, hasil wawancara dengan seorang tokoh.
  • Trend news, yaitu berita yang terus berkembang sesuai dengan kelanjutan peristiwanya.
  • Dept news (berita mendalam), yaitu berita yang dikembangkan dari hasil galian dari wawancara mendalam atau ciptaan sendiri dan ditulis secara panjang lebar dan mendalam.
  • Investigative news, yaitu berita yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dari berbagai sumber.
  • Preview news, yaitu berita yang mengemukakan akan berlangsungnya suatu acara atau kegiatan.
Adapun jenis-jenis berita dalam jurnalistik berdasarkan permasalahan yang dibahas dikenal seperti contoh berikut :
  • Berita Politik, misalnya tentang pemilihan umum, pergantian kekuasaan dan sebagainya.
  • Berita Ekonomi, misalnya kenaikan harga, ekspor, impor, resesi ekonomi, harga saham dan sebagainya.
  • Berita budaya, misalnya tentang keramik, lukisan, seminar budaya dan sebagainya.
  • Berita Olahraga, misalnya tentang kejuaraan tinju, sepakbola, sea game, ramalan maupun ulasan pertandingan dan sebagainya.
  • Berita Lain, misalnya tentang pendidikan, kriminal dan sebagainya

Sedangkan jenis-jenis berita berdasarkan wilayah kejadiannya dibedakan menjadi beberapa jenis berita seperti :
  • Berita International/Luar negeri, seperti kejadian di Amerika, Eropa, perang dan sebagainya.
  • Berita Nasional, yang memiliki ruang lingkup dan dampak secara nasional. Seperti sidang umum DPR, pencalonan presiden, peraturan pemerintah dan sebagainya.
  • Berita Regional/ Daerah/ Lokal, berita dalam lingkup wilayah tertentu.
Blog, Updated at: 3:16:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top