Home » » Unsur Penting Dalam Berita

Unsur Penting Dalam Berita

Unsur-unsur penting yang terkandung dalam berita tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. Nyata (faktual).
Berita yang nyata mengandung informasi tentang fakta, bukan berisi fiksi atau karangan semata.
Dalam jurnalistik fakta terdiri dari kejadian nyata (real event), pendapat (opinion) dan pernyataan (statement) sumber berita.
Berita yang disajikan merupakan realita tangan ke dua (second hand reality) bukan realita itu sendiri karena khalayak hanya membaca tulisan wartawan melalui media cetak bukan hasil melihat kejadian itu sendiri Sehingga pembaca sudah terpengaruh berbagai hal seperti panjangnya tulisan, sumber pelengkap, sudut pandang, kemampuan wartawan dalam menyajikan beritanaya dan sebagainya.
Dalam media radio pendengar juga hanya mendengar berita kejadian dari penyiarnya tidak menyaksikan sendiri Sehingga apa yang didengar tergantung oleh ide atau pemikiran penyiar/reporter dalam membuat sajian terbaiknya.
Dalam media televisi, pemirsa juga hanya menyaksikan tayangan kembali kejadian atau peristiwa dan bukan hasil pengamatan sendiri secara langsung.
Oleh karena itu dengan media apapun baik cetak maupun elektronik tetap memiliki keterbatasan, namun seorang wartawan harus melaporkan apa yang sebenarnya terjadi tanpa mengubah fakta untuk tujuan kepuasan pribadi maupun golongan tertentu.

b. Kejadian atau Peristiwa dan Pendapat yang Menarik dan Penting.
Kejadian atau peristiwa secara rutin banyak terjadi lingkungan sekitar kita, seperti sekolah, kelulusan, wisuda, banjir, mahalnya biaya sekolah, harga naik, pengangguran, penggusuran, kebakaran dan sebagainya. Kejadian mana yang penting dan menarik untuk diangkat sebagai berita?
Ada dua hal yang dapat diangkat sebagai berita yaitu peristiwa atau kejadian dan ucapan atau opini seseorang. Wartawan harus peka terhadap berita yang memiliki indera berita (sense of news), sehingga kejadian dapat diangkat menjadi berita yang menarik dan penting bagi pembaca,pendengar dan pemirsa.
Penting, apabila menyangkut kepentingan orang banyak.
Menarik, bila mampu mengundang orang untuk membaca, mendengar maupun memirsanya.

c. Disajikan secepat mungkin.
Kejadian atau peristiwa bisa menjadi berita bila disajikan secepatnya karena khalayak selalu ingin mengetahui hal yang terbaru dan terakhir ketika dia membaca/ mendengar/ menyaksikan.
Dengan demikian kesegeraan ini hal pokok dalam menyampaikan berita. Suatu berita disampaikan tiga hari setelah kejadian, tentu saja hal ini telah menjadi berita yang basi dan tidak menarik.

Disamping ketiga hal diatas ada unsur lain yang harus diperhatikan dalam berita diantaranya sumbernya harus jelas dan mengandung kebenaran, akurat, seimbang, obyektif, terbaru, singkat dan jelas. silahkan tinjau kembali Prinsip Dasar Penulisan Berita.
Blog, Updated at: 2:14:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top