Home » » Teknik Memperoleh Berita

Teknik Memperoleh Berita

Untuk memperoleh suatu berita diperlukan berbagai cara atau teknik, beberapa teknik untuk memperoleh berita dari sumber berita dapat dilakukan seperti berikut.

a. Teknik Wawancara.
Yaitu kegiatan tanya-jawab dengan sumber berita untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu hal sebagai bahan berita, Wawancara adalah teknik yang paling cepat untuk melegimitasi bahwa laporan merupakan hasil liputan dan bukan hasil rekayasa. Teknik wawancara ini perlu latihan untuk mendapatkan proses yang efektip dan efisien.

b. Observasi atau Pengamatan
Yaitu pengamatan terhadap situasi dan kondisi tempat peristiwa itu terjadi. Observasi merupakan kegiatan mental yang subyektip sebagai hasil pengolahan stimulus disekitarnya, Teknik observasi ini biasanya digunakan untuk memperindah laporan, dan bukan/jarang digunakan untuk memperkaya laporan.
Observasi juga banyak digunakan untuk menggali tulisan bentuk feature, terutama yang mengangkat humanitis.
Hasil observasi sebaiknya diungkapkan dengan mendeskripsikan kejadian secara detil dan apa adanya, hal ini untuk menghindari subyektivitas.

c. Riset Kepustakaan
Adalah suatu teknik untuk memperoleh informasi tertulis dari sumber pustaka. Sebagai contoh, jurnalistik saat ini banyak mencari dukungan data berupa angka, grafik secara akurat. Hal ini banyak ditemukan dalam sumber pustaka. Riset seperti poling juga merupakan teknik memperoleh informasi yang sering digunakan untuk membuat laporan yang tidak monoton.

d. Press Conference.
Adalah pertemuan formal antara sumber dengan para wartawan untuk menyampaikan informasi penting pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Dengan teknik ini akan diperoleh informasi secara ringkas gamblang dan cepat.
Dalam teknik ini berita tidak perlu dikejar, yang Perlu dihindari adalah pengaruh sumber terhadap laporan yang di buat, sulit memperoleh isu kontroversial merupakan kekurangan dari teknik ini.

e. Statment of informan.
Merupakan pernyataan informan dari kalangan jalanan (lipster) Pernyataan ini merupakan metode untuk memperoleh berita yang berharga. Informan sering dimanfaatkan sebagai mitra wartawan untuk melacak berita langka yang sulit ditembus, sehingga membutuhkan mata- mata yang bisa menembus ke tempat yang sifatnya rahasia.

f. Mendapatkan Informasi melalui Internet.
Internet menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan komunikasi melalui situs pencari seperti Yahoo, Gogle, bing dan sebagainya. Oleh karena itu reportase menggunakan bantuan internet sangat membantu kerja para jurnalis untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Melalui surat elektronik (e-Mail) dapat berkomunikasi surat menyurat antara wartawan dengan sumber berita berupa wawancara tertulis. Dengan surat elektronik pertanyaan bisa dijawab dengan lebih luas karena tersedia waktu berpikir yang relatip lebih lama.
Blog, Updated at: 2:34:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top