Home » » Struktur Penulisan Berita

Struktur Penulisan Berita

Setelah memahami dasar penulisan berita kita akan lanjutkan dengan pengenalan Struktur penulisan berita,
Struktur penulisan berita biasanya terdiri dari Judul, Teras dan tubuh berita.

1.Judul Berita.
Penulisan Judul berita diharapkan memenuhi kriteria kemenarikan, yaitu dengan menggunakan tampilan tipografi yang baik dan menarik membuat pembaca terpikat untuk membacanya, Judul harus merangkum isi berita, berarti harus ditulis secara menyeluruh dan mencerminkan isi berita secara ringkas dapat melukiskan suasana berita, berati judul harus mengilustrasikan peristiwa yang diberitakan, Memudahkan pembaca dalam menentukan berita mana yang diperlukan serta Memberi identitas pada berita itu sendiri dan di tulis dengan serasi agar lebih terpadu.

2.Teras berita
Penulisan teras berita (lead) merupakan satu atau dua kalimat yang menjadi sari dari sebuah berita dan menjadi penentu ketertarikan pembaca untuk membacanya lebih jauh, biasanya ditempatkan pada alinea pertama. Teras berita harus memuat semua elemen penting (5W dan 1H) dan tidak mengandung informasi yang menyesatkan/bohong. Teras berita harus ditulis secara singkat, spesifik, identitasnya jelas, menghindari bentuk pertanyaan dan kutipan, pernyataan waktu yang tepat dan terdapat keterangan yang tepat.

3.Tubuh Berita.
Pada piramida terbalik informasi yang penting ditempatkan pada bagian awal dan yang kurang penting ditempatkan pada bagian akhir berita. Tubuh berita menyajikan isi berita yang terdiri dari atmosfere, background dan data-data pelengkap berita.

Mungkin hanya itu saja secara garis besar pengenalan struktur penulisan berita yang saya ambil dari berbagai sumber..
Blog, Updated at: 4:25:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top