Home » » Pengarahan Singkat tentang Berita

Pengarahan Singkat tentang Berita

Informasi atau dalam jurnalistik sering disebut berita berarti suatu fakta atau keterangan. Berita dalam jurnalistik harus mengandung kebenaran dan faktual serta sumber beritanya yang jelas sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
Berita memiliki keterkaitan dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi, Sumber lain menyatakan bahwa berita adalah laporan tentang fakta atau pendapat seseorang yang terikat oleh waktu, menarik dan yang lebih penting lagi mempunyai manfaat bagi sejumlah orang. Berita juga diartikan sebagai segala sesuatu yang terikat waktu dan menarik perhatian banyak orang, berita terbaik adalah hal-hal yang paling menarik sebanyak mungkin orang untuk membacanya/mendengarkannya atau mendengar dan menyaksikannya. Berita adalah informasi yang merangsang artinya dengan menerima informasi tersebut orang akan mendapat kepuasan atau bergairah. Berita juga diartikan sebagai laporan tentang suatu kejadian yang dapat menarik perhatian khalayak.
Dari beberapa pengertian tentang berita tersebut pada prinsipnya mengandung unsur penting yang harus diperhatikan dari sebuah berita yaitu nyata (faktual), kejadian, peristiwa, pendapat yang menarik, penting dan cepat (terikat waktu).
Silahkan anda baca Prinsip penulisan berita agar anda dapat lebih memahami tentang pengertian berita dan tata cara penulisan yang baik.
Semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 2:34:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014. nubie abdee - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top